Telematika
 adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Jadi pengertian 
Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan
 penggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk dalam 
telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis 
jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan 
data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. 
  
Layanan-layanan yang terdapat pada telematika adalah :
1.       Layanan Informatika di Bidang Informasi
             Pada
 hakikatnya, penggunaan telematika dan aliran informasi harus berjalan 
sinkron dan penggunaanya harus ditujukan untuk meningkatkan 
kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan 
kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, 
teknologi telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan
 politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di kalangan 
masyarakat. Salah satu fasilitas bagi masyarakat untuk mendapatkan 
informasi yaitu melalui internet dan telefon. Ada baiknya bila fasilitas
 publik untuk mendapatkan informasi terus dikembangkan, seperti warnet 
dan wartel. Warung Telekomunikasi dan Warung Internet ini secara 
berkelanjutan memperluas jangkauan pelayanan telepon dan internet, baik 
di daerah kota maupun desa, bagi pelanggan yang tidak memiliki akses 
sendiri di tempat tinggal atau di tempat kerjanya. Oleh karena itu 
langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan 
kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan
 pendidikan, mengembangkan sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan 
dan pedesaan, serta menyediakan layanan "e-commerce" bagi usaha kecil 
dan menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentuk 
Balai-balai Informasi. Untuk melayani lokasi-lokasi yang tidak 
terjangkau oleh masyarakat.
2. Layanan Keamanan
layanan
 keamanan merupakan layanan yang menyediakanan keamananinformasi dan 
data. layanan terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan 
akses control dan auditin.
layanan
 keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan 
memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi 
tidak seharusnya. dengan kata lain layanan ini sangat penting untuk 
menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang.
kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
contoh layanan keamanan yaitu:
a. navigation assistant
b. weather,stock information
c. entertainment and M-commerce.
d. penggunaan Firewall dan Antivirus
3. Layanan Context Aware dan Event-Based Context-awareness 
adalah
 kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu 
kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan 
network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan 
parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara 
lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan 
kemampuan terminal yang digunakan user. Tiga hal yang menjadi perhatian 
sistem context-aware menurut Albrecht Schmidt, yaitu: 
a. The acquisition of context 
Hal
 ini berkaitan dengan pemilihan konteks dan bagaimana cara memperoleh 
konteks yang diinginkan, sebagai contoh : pemilihan konteks lokasi, 
dengan penggunaan suatu sensor lokasi tertentu (misalnya: GPS) untuk 
melihat situasi atau posisi suatu lokasi tersebut. 
b. The abstraction and understanding of context 
Pemahaman
 terhadap bagaimana cara konteks yang dipilih berhubungan dengan kondisi
 nyata, bagaimana informasi yang dimiliki suatu konteks dapat membantu 
meningkatkan kinerja aplikasi, dan bagaimana tanggapan sistem dan cara 
kerja terhadap inputan dalam suatu konteks. 
c. Application behaviour based on the recognized context 
Terakhir,
 dua hal yang paling penting adalah bagaimana pengguna dapat memahami 
sistem dan tingkah lakunya yang sesuai dengan konteks yang dimilikinya 
serta bagaimana caranya memberikan kontrol penuh kepada pengguna 
terhadap sistem.
4. Layanan Perbaikan Sumber (Resource Discovery Service)
layanan
 perbaikan sumber adalah layanan untuk penemuan layanan utilitas yang 
diperlukan. layanan ini juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan
 utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Sumber : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
http://blog.uad.ac.id/tole/2009/05/layanan-telematika-di-bidang-transportasi/ 
http://resty-pumpfh.blogspot.com/2009/12/layanan-telematika.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar