Selasa, 04 Oktober 2011

Pengertian Bahasa dan Pengaruhnya Dalam kehidupan sehari-hari


PENGERTIAN BAHASA
Bahasa adalah suatu sistem yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan dipakai oleh masyarakat untuk berkomunikasi , kerja sama dan identifikasi diri. Bahasa merupakan alat komunikasi utama atau primer dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu, manusia dapat berkomunikasi dengan menggunakan tulisan dan bahasa isyarat. Bahasa isyarat merupakan salah satu cara berkomunikasi dengan menggerakkan-gerakkan anggota tubuh.


PERANAN BAHASA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Dalam kehidupan manusia, bahasa memegang peranan penting. Peranan penting bahasa antara lain sebagai alat komunikasi , alat pemersatu, dan penerus pengetahuan manusia. Manusia tidak dapat lepas dari bahasa. Terbukti dari penggunaannya untuk percakapan sehari-hari, tentu ada peran bahasa yang membuat satu sama lain dapat berkomunikasi, saling menyampaikan maksud. Tak hanya dalam bentuk lisan, tentu saja bahasa juga digunakan dalam bentuk tulisan.
Adanya bahasa memungkinkan manusia saling berkomunikasi  dan berhubungan. Komunikasi dengan bahasa memungkinkan manusia menjadi saling mengenal, memahami, dan menghargai satu sama lain. Dengan bahasa pula manusia dapat menjalin hubungan dan kerja sama satu dengan yang lain. Apabila dalam kehidupan sehari-hari tidak ada bahasa, manusia tidak mungkin bersatu dan maju. Seluruh kegiatan manusia akan sangat berkaitan erat dengan bahasa. Entah sekedar bercakap-cakap dengan teman, atau dalam kegiatan formal seperti sekolah, kuliah bahkan dalam pekerjaan.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) tidak terlepas dari peranan bahasa. Dengan bahasa, manusia dapat menyampaikan ide-ide yang dimilikinya. Dengan bahasa pula, kemudian ide-ide tersebut diteruskan, dipelajari, dikembangkan oleh orang lain. Dengan kata lain, bahasa memungkinkan kita manusia dapat saling berbagi pengalaman dan belajar satu dengan yang lain. Dengan demikian, bahasa menjadi sarana yang sangat penting bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  (IPTEK).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar